10 Jenis Santri Yang Aneh dan Kocak

Santri

Sesungguhnya tidaklah semua Santri ataupun Santriah diciptakan sama. Ya, layaknya sebuah martabak, ada yang rasa keju, rasa pisang, rasa duren, ataupun rasa apapun asalkan jangan rasa masa lalu, pahit tau ga?!.


Perlu anda ketahui, saya menulis postingan ini bukanlah menilainya dari segi fisik melainkan dari segi tingkah kelakuannya para Santri, kelakuan disini tidak juga sesederhana Santri baik dan Santri jahat, yang tentunya akan saya uraikan dibawah, semoga dapat sedikit menghibur.

1. Santri Tipe Pekerja

Santri

Layaknya seekor semut, Santri juga mempunyai tipe pekerja. Pekerjaan seorang santri bermacam macam, mulai dari yang level easy sampai yang level hard. Santri pekerja level easy biasanya bekerja bak ibu rumah tangga di rumah Ustad, seperti bersih bersih rumah, nyuci pakaian, masak, dll.

Adapun santri pekerja level hard, tidak seperti level easy yang hanya indoor, pekerjaan level hard biasanya outdoor, seperti halnya bertani, ataupun jika guru (ustad) sedang membangun sebuah bangunan, kita ikut serta membantu.

Perlu anda ketahui, sebetulnya bekerja di pesantren hanyalah sebuah kegiatan (extra), intinya supaya kita lebih dewasa, jadi misalnya ketika kita sudah selesai mesantren, kita bisa mandiri, bisa bercocok tanam sendiri, bisa mengurus rumah sendiri, ataupun jika ingin membangun rumah, kita jadi tahu harus memulainya dari mana dulu, gitu.

Lalu apa itu Santri tipe pekerja? Gini, waktu itu entah kapan, ada seorang jemaah (Santri baru), katanya dia ingin mesantren di pesantren yang punya lahan persawahan luas, intinya dia itu ingin (belajar) bertani, dalam hati saya berkata "kok ada ya yang seperti ini?", karena kan biasanya jika seseorang pergi le sebuah pesantren sudah jelas tujuan nya adalah mengaji, tapi datang datang pengen bertani, aneh. Jadi mungkin ada juga ya, Santri tipe pekerja.

Santri tipe pekerja level easy biasanya adalah seorang santri baru, dan Santri pekerja level hard umumnya adalah santri yang sudah senior, dan merasa memiliki tanggung jawab untuk bekerja. Tapi ada juga ya, Santri yang memprioritaskan pekerjaan daripada mengaji seperti yang sudah saya ceritakan diatas. Ngaji dulu utamakan woy! Kerjaan hanyalah sebatas kegiatan extra.

2. Santri Mendadak Rajin

Santri

Jarang memang, zaman sekarang kebanyakan Santri itu pemalas, ya namanya juga manusia. Tapi ada loh santri yang rajin, yaitu Santri yang kebelet kawin. Ya "seorang santri akan mendadak menjadi rajin dan berubah hingga 360 derajat, hanya jika kebelet kawin".

Bagaimana tidak, jika seorang Santri dan seorang Santriah berpacaran dan bermaksud ke jenjang pernikahan, lalu si Santri datang ke orang tua nya si Santriah tetapi ketika di test oleh bapaknya Santriah yang kebetulan adalah seorang ustad, dan lalu si Santri tidak bisa menjawab pertanyaan dari bapaknya si Santriah, akhirnya lamarannya ditolak.

Disitulah "kekuatan CINTA" yang sebenarnya, dikarenakan lamarannya ditolak, tetapi cinta mereka sangat kuat, dan akhirnya si Santri pun meminta waktu dua sampai tiga tahun lagi, dan memohon untuk tidak menerima lamaran dari lelaki lain, akhirnya si bapa Santriah menyetujui nya, dan lalu si Santri pun berangkat kembali ke pesantrennya dan mendadak menjadi rajin mengaji. Ya, biasanya Santri yang kebelet kawin memang selalu ditargetkan waktunya.

Tapi kalo santri yang emang bener bener rajin ada gak sih? Entahlah, jikapun ada mungkin satu berbanding seribu, tetapi saya yakin ada lah. Jika seorang santri rajin, tentunya ada beberapa halangan / cobaan, seperti di ejek lah, malu lah, takut dibilang sombong lah, atau apapun. Padahal itu semua ga penting, kalo loe emang niat mau ngaji, ya kudu rajin! Bener ga?

3. Santri Online

Santri

Santri yang kerjaannya cuman bermain gadget, baik itu main Facebook, main Clash of Clans, download film ataupun ngeBlog seperti saya ini. Pokoknya tiada hari tanpa online. BBM mau naik mau turun peduli amat, yang penting kuota murah, itu mungkin yang saya rasakan.

4. Santri Betmen

Santri

Bagaimana tidak, Santri yang ini biasanya cuman keluar malam bak betmen. Kalo siang? Ya molor. Santri yang demen begadang, biasanya mereka main kartu, download film, download anime buat ngabisin kuota gadang, atau pun cuman sebatas ngobrol aja. Sebenarnya bukannya mereka enggan tidur malam, tetapi mereka itu tidak bisa tidur, mungkin dikarenakan kebiasaan begadang.

5. Santri Traveling

Santri

Dalam mengisi hari libur, kegiatan Santri tentu bermacam macam, ada yang pergi ke lapangan bola, ada yang main ke rumah Santri lain, bahkan ada juga yang tidur seharian. Dalam mengisi acara seperti agustus ataupun munggahan (sebelum ramadhan) ataupun dalam rangka reuni, biasanya Santri Travel suka pergi hiking ke sebuah gunung.

6. Santri Muludan

Santri

Ini biasanya Santri yang tergila gila sama event islami, seperti maulid nabi, isra mi'raj, tahun baru muharam dll. Santri Muludan ini biasanya ramai ramai pergi dari satu pesantren ke pesantren lain, padahal niatnya cuman mau lihat Santriah doang. :D

7. Santri Tangeland


Seorang santri yang lebih mengutamakan rambutnya daripada nyawanya sendiri wkakakak...

8. Santri Ceketed

Santri

Ini nih Santri yang menurut ane paling lebay, dia itu kerjaan nya paling telponan, smsan, BBMan, ya intinya dia cuman mengutamakan pacaran doang, lebay kan? Ane jomblo bisa apa? :D

9. Santri Gila Bola

Santri

Sepak bola adalah olah raga yang paling banyak digandrungi masyarakat, begitupun dengan Santri. Saya sendiri pendukung Manchester United dan Jerman, dan saya pun mengecat kobong saya dengan bendera Jerman, serta jersey Manchester City sebagai Keset.

Kenapa gila? Santri juga sama fanatiknya dengan siswa ataupun masyarakat lain, jika tim kesayangan nya kalah terkadang ada yang sampai nangis, dan sampai bertengkar, tapi itu bukanlah saya, saya ga se lebay itu, paling paling matiin hape lalu kunci kobong selama seminggu. :D

10. Santri Putri Salju


Ini nih kalo udah tidur kaya mati aja, kaga bisa di bangunin, Santri Putri Salju pas bangetkan nama nya? secara putri salju kan kaga bakal bangun kecuali di cium sama cinta sejatinya, nah ini kalo santri gimana? cieum aja ama kastrol kali ya, wkakakakak...

Yah mungkin itu sedikitnya istilah jenis jenis santri, tetapi perlu anda ingat, layaknya Indonesia, Santri juga "berbeda beda tetapi satu tujuan". Ya, tujuan untuk mencari ilmu dan ridho allah untuk masa depan dunia dan akhirat. Sekian dari saya, nantikan artikel tentang Santri lainnya, Wassalamu'alaikum.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "10 Jenis Santri Yang Aneh dan Kocak"

Terimakasih untuk tidak berkomentar SARA dan tidak mengucapkan kata-kata kasar.